Tips Mengelolah Gaji Dengan Bijaksana

Tips Mengelolah Gaji Dengan Bijaksana

Teman-teman yang mulai berpenghasilan, pasti sudah atau sedang melewati kondisi di mana mengalami kesulitan mengatur gaji, mengatur pengeluaran bulanan kalian. Ini wajar terjadi, di awal-awal bulan kalian bekerja. Karena kalian baru memasuki dunia kerja, ada euforia yang timbul dalam diri karena kalian mulai menghasilkan uang sendiri. Sehingga tidak heran kalau kalian mengalami kendala dalam menyimpan uang. Tidak ada salahnya memang menggunakan gaji kalian untuk memanjakan diri, dari mulai berbelanja atau merawat diri. Karena itu merupakan penghargaan atau hadiah berkat kerja keras anda selama sebulan penuh. Tapi tetap, harus di kontrol, jangan sampai kebablasan dan sakit kepala di akhir bulan karena sudah tidak ada pegangan lagi.

Ketahui Kebutuhan Anda dan Temukan Ritme Penyimpanan Uang Yang Cocok Dengan Tipe Kalian

Tiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mengelolah keuangan mereka, Disesuaikan dengan besar gaji kalian dan kebutuhan kalian. Mungkin pada awalnya kalian akan merasa kesuliatan, tapi berjalannya waktu, kalian akan menemui ritme pengaturan keuangan yang cocok. Mulailah cari referensi bagaimana cara mengelolah keungan yang baik dan benar, dengan gaji sekian, adakah cara yang dapat membantu kalian mengelolah gaji agar dapat tetap bertahan sampai akhir bulan. Kalian bisa mendapatkan referensi dari mana saja, bisa dari iinternet, tanyakan masukkan dan saran orang tua, sahabat atau rekan kerja anda. Jadi kalian bisa mendapatkan banyak pandangan dan opsi untuk makin bisa mengatur gaji kalian.

Kalian bisa membuat bagan yang berisi cara mengatur keuangan kalian, bisa kalian buat di handphone, laptop atau pun mau dicatat ke catatan kalian. Catat semua hal penting yang bersangkutan dengan masuk dan keluarnya uang kalian (cashflow). Ini membantu kalian mengetahui apa saja kebutuhan kalian dan berapa total yang rata-rata harus kalian keluarkan dalam sebulan penuh. Mungkin dalam beberapa bulan pertama akan sedikit sulit, karena masih tahap awal, kalian masih adaptasi dan merabah-rabah apa yang menjadi pengeluaran utama kalian. Tidak perlu khawatir atau panik.

Catat Setiap Pengeluaran Utama Kalian Dan Selalu Sediakan Dana Darurat

Kategori dana darurat memiliki peran penting dalam proses penyimpanan uang. Terutama untuk kalian yang merantau. Kalian harus selalu menyiapkan dana darurat, mau sekecil apa pun nominalnya yang kalian sisihkan setiap bulannya untuk kategori ini, tapi harus selalu ada disisihkan. Apalagi dalam keadaan pandemi seperti ini, yang kondisi dan apa yang akan terjadi kedepan tidak dapat diprediksikan. Sehingga selalu siapkan dana ini.

Buatlah list atau daftar pengeluaran anda setiap bulannya, terutama pengeluaran utama kalian, pengeluaran yang rutin harus kalian keluarkan setiap bulannya. Misalnya:

  • Uang Kos/ Uang sewa tempat tinggal
  • Maintenance (Listrik token, air, internet, biaya parkir, loundry, dsb)
  • Uang makan
  • Uang transport
  • Kebutuhan sehari-hari (Sampo, sabun, odol, tisu, dsb)

Itu adalah pengeluaran utama kalian yang harus kalian siapkan dananya setiap bulan. Pada umumnya hitungan mengelolah gaji adalah 50% untuk kebutuhan umum (kebutuhan sehari-hari, maka, transport). 30% untuk biaya hidup (Uang kos, maintenance) dan 20% gaji di alokasikan ke tabungan dan dana darurat.

Buat Prioritas Dan Belajar Tahan Diri

Selanjutnya dan terpenting, kalian harus membuat prioritas. Disaat inilah kalian harus terapkan mana kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Karena banyak orang yang melupakan 3 unsur ini. Dan tidak banyak juga orang keliru, saat kebutuhan sekunder dan tersier dijadikan kebutuhan primer, dan kebutuhan primer malah berganti menjadi kebutuhan sekunder bahkan tersier, inilah yang mengakibatkan orang sering kehabisan uang sebelum habis bulan.

Godaan sangat banyak apalagi jika kalian sudah berpenghasilan. Bergayalah sesuai dengan pemasukan anda. Jangan sampai gengsi menguasai anda dan menjadikan pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Kalau ini sampai terjadi, analisa kembali list atau daftar kebutuhan anda kembali.