Redakan Perut Kembung dengan Konsumsi Pisang

Redakan Perut Kembung dengan Konsumsi Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang paling digemari oleh banyak orang. Selain karena rasanya manis, buah pisang juga kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan kita.

Dengan bentuknya yang praktis dan mudah dibawa kemana – mana, buah pisang menjadi salah satu buah yang menjadi pilihan untuk dibawa kemana saja.

Buah pisang juga menjadi makanan yang dikonsumsi ketika diet, karena kandungan air dan protein yang cukup membantu mengganjal perut ketika sedang menjaga makan.

Namun, terdapat rumor bahwa mengonsumsi pisang dapat menghilangkan perasaan kembung pada perut, apakah hal tersebut benar?

Segudang nutrisi yang terdapat pada pisang sangat baik untuk tubuh, salah satu nutrisi tersebut kalium. Kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang sangan berguna untuk membantu menstabilkan kandungan natrium yang terdapat pada tubuh yang didapatkan dari memakan makanan yang asin.

Selain meredakan perut kembung, pisang juga bisa membantu menhilangkan gejala – gejala lain yang diakibatkan oleh perut kembung.

Selain meredakan perut kembung, pisang juga mempunyai beberapa manfaat lain untuk kesehatan, yaitu :

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi yang terdapat dalam pisang sangat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan. Serat pektin dan pati resister terdapat pada pisang juga membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Sumber Energi

Rasa manis yang dirasakan dalam mengonsumsi pisang berasal dari gula alami.
Kandungan gula tersebut adalah fruktosa, sukrosa dan juga glukosa. Gula alami tentunya baik untuk kesehatan karena bisa memberikan energi tambahan untuk tubuh dan juga bebas dari kolesterol dan lemak.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Selain berguna untuk meredakan perut kembung, kalium juga berguna untuk memelihara kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitan, diberitakan bahwa orang yang memakan kalium mempunyai risiko gangguan kesehatan jantung hanya 27 persen.

Selain kandungan kalium, pisang juga mempunyai kandungan magnesium yang juga mempunya peran untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Kaya akan antioksidan

Kebanyakkan buah mengandung antioksidan yang tinggi, tidak terkecuali buah pisang. Kandungan antioksidan yang sering disebut dopamine dan catechins yang bagus untuk menurunkan risiko terkena penyakit degeneratif dan meningkatkan kesehatan jantung.