Mencoba Memaafkan Dan Menerima Masa Lalu Dan Kebencian Yang Telah Berakar Pahit

Mencoba Memaafkan Dan Menerima Masa Lalu Dan Kebencian Yang Telah Berakar Pahit

Memang sangat penting bagi kita untuk melepas rasa benci di dalam hati. Saat kita membenci seseorang, saat kita marah pada seseorang. Dan itu berlarut-larut. Sampai menjadi sebuah akar pahit. Secara tidak sadar kita telah menyakiti hati kita juga. Dalam artian setiap kita ingin melakukan apa-apa, dan bersenggol dengan sesuatu yang pernah membuat mu sakit. Anda akan mengingat orang itu, dan perasaan sakit dan marah akan kembali muncul. Dan akan begitu terus dalam jangka waktu yang tidak anda tahu.

Mencoba Memaafkan Dan Menerima Masa Lalu Dan Kebencian Yang Telah Berakar Pahit

Sedangkan hidup itu pada akhirnya akan terus berputar. Akan terus berjalan. Tapi jika anda hanya diam di tempat dan mengulang-ngulang perasaan yang sakit itu, anda tidak akan berkembang. Anda tidak akan mendapatkan sesuatu yang baru. Meskipun keinginan anda banyak, memiliki banyak mimpi dan keinginan. Tapi anda akan susah melangkah maju, karena anda masih menyimpan beban itu. Masih menyimpan kebencian yang sudah berakar pahit di hatimu. Anda belum selesai dengan masa lalumu.

Sehingga itu akan menjadi penahan dirimu untuk maju dan menjadi lebih bahagia. Jadi mau sampai kapan anda akan terus menyimpan duri itu? Yang meskipun anda menyimpannya, anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Itu tidak akan membuatmu bisa selesai dengan masalah itu. Tidak membuat anda memenangkan sesuatu. Malah hanya akan membuatmu sakit, marah, setiap saat, setiap anda mengingat hal itu. Anda tidak akan pernah belajar bagaimana menjadi seseorang yang menerima kenyataan. Menerima keadaan. Anda hanya akan begitu terus. Jadi mulailah perlahan memaafkan orang itu. Memaafkan keadaan itu.

Berdamai dengan moment itu dan masa lalumu. Menerima semua masa lalumu, dan ampuni masa lalumu. Memang sulit, tapi tidak ada salahnya mencoba. Perlahan-lahan. Selama anda sudah ada niat, sudah ada keinginan, pasti akan ada saja jalan untuk itu. Jadi semangat, karena saat anda sudah berdamai dengan itu, anda juga yang akan merasakan kenikmatan dari mengampuni itu. Jadi tunggu apa lagi.