Membedakan Keinginan Kebutuhan Anak Dan Keinginan Orang Tua

Selalu Luangkan Waktu Menanyakan Kabar Kepada Orang Tua

Peran orang tua sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak. Karena saat masa pertumbuhan anak dia kehilangan peran orang tua, ini akan sangat berpengaruh pada masa depannya. Karena saya juga mengalami dimana masa-masa saat saya masih membutuhkan arahan, tapi saya tidak dapatkan karena ayahku harus dipanggil oleh yang Maha Kuasa. Sehingga seketika ayahku meninggal, begitu banyak perubahan yang terjadi. Baik dari kebiasaan, pola pikir, dan pandangan dan rencana kedepan. semua berubah. Yang dulunya semua begitu hangat, sekarang berubah.

Membedakan Keinginan Kebutuhan Anak Dan Keinginan Orang Tua

Perbedaan pola pikir orang tua sekarang dan zaman dulu memang cukup berbeda. Dan sekarang orang tua cenderung memanjakan anaknya. Memberikan semuanya, apa saja yang dia inginkan dan dia butuhkan. Memberikan apa yang dulu orang tuanya tidak dapatkan, atau tidak bisa dapatkan, ia berikan pada anak. Memang bagus, saking cintanya orang tua kepada anak. Tapi perlu di pertimbangkan juga, dan gunakan kepala dingin. Pikir panjang. Memberikan segalanya untuk anak itu bagus.

Tapi pernahkan anda berpikir semua yang anda berikan adalah apa yang diinginkan oleh anak? Apakah semua itu yang dibutuhkan anak? atau sebenarnya semua itu adalah apa yang anda inginkan, bukan apa yang anak inginkan. Disini perlu di garis bawahi. Karena kadang orang tua terpaku dalam memberikan semuanya untuk anak, sampai lupa, apakah ini semua yang diinginkan anaknya, atau keinginannya semata, atau sekedar balas dendam. Balas dendam dalam artian yang dulunya anda tidak bisa dapatkan dan sekarang baru ada kesempatan, barulah anda beli beli semuanya sekarang. Apalagi jika lihat anak masih umur balita. Masih masa pertumbuhan.

Ada yang sampai memberikannya hp, tablet, bahkan ada yang memberikannya mobil. Ya untuk apa? anak seumuran itu, yang mereka butuhkan hanya perhatian orang tua yang maksimal di usia tersebut. Membutuhkan arahan, dan contoh. Karena di usia tersebut, mereka mulai copy paste apa yang mereka lihat. Jadi jika tidak ada sosok yang mereka jadikan contoh, ya masa pertumbuhan mereka pun akan lewat percuma. Dan mobil, hp, tablet pun hanya akan menjadi hambar.