Cara Mengenali Dan Mengendalikan Emosi Dalam Diri Dan Tubuh

Cara Mengenali Dan Mengendalikan Emosi Dalam Diri Dan Tubuh

Emosi adalah suatu hal yang sangat wajar dan manusiawi. Bahkan emosi menjadi salah satu yang umum. Setiap orang pasti memiliki emosi. Emosi ini memiliki banyak ungkapan. Emosi adalah perasaan seseorang yang dirasakan saat itu. Perasaan yang dominan, dan memenuhi pikiran. Kadang ada posisi dimana orang menangis karena bahagia. Saking bahagia nya dia sampai menangis terharu. Ini adalah suatu bentuk emosi. Ada juga orang yang marah, kecewa, sedih di saat yang bersamaan, inilah yang disebut sebuah emosi.

Keluarkan Emosi

Saat kalian merasakan beberapa emosi yang bergejolak dalam batinmu, pikiranmu, sebaiknya kalian keluarkan. Ada banyak cara untuk mengeluarkan semua yang ada di dalam pikiranmu. Anda bisa melampiaskannya dengan karaoke, atau olahraga, atau dengan shopping, atau pijat relaksasi, movie marathon, apapun. Banyak cara untuk mengeluarkan emosi kalian, jangan di pendam. Apalagi perasaan marah, perasaan sedih kecewa yang bisa menyakitimu dan berdampak menyakiti orang sekitarmu. Sehingga sebaiknya saat kalian memiliki suatu emosi yang rasanya tidak terkendali, carilah media untuk mengutarakan ekspresi emosi kalian karena ini penting. Emosi yang tidak terkendali bisa merusak sesuatu yang sudah di bangun bertahun-tahun. Bahkan emosi yang tidak terkendali bisa menghancurkan anda atau orang lain. Jadi jangan sampai ke tahap itu.

Kendalikan Emosi

Setiap orang memiliki emosi, dari bahagia, sedih, senang, kecewa, marah, jijik, dan lainnya. Ini masih lah hal yang wajar. Karena setiap manusia memiliki emosi. Jika sudah tidak memiliki emosi, ini yang bahaya. Bisa jadi itu menuju ke psychopath dan itu bahaya. Jadi selama anda masih memiliki emosi bersyukurlah. Dan kalian bisa mulai dengan mengontrol emosi kalian. Latih perlahan-lahan. Bagaimana caranya melatih emosi? Saya pribadi mencoba melatih emosi saya dengan dengan mengingat satu kejadian yang membuat saya sangat sedih, mungkin titik terendahku. Dan saat saya merasa di titik itu saya mencoba untuk merasakan setiap sakit, apa yang bisa pelajari dari kejadian tersebut. Memang hal sedih tidak enak untuk mengingatnya. Tapi ini adalah cara untuk mengendalikan. Mengingat kejadian yang sama, tapi emosi nya dihilangkan. Sedih iya, tapi tidak larut. Tidak terbawa.